[Mulai Dibidik] Jokowi: Indonesia Miliki Tanah Wakaf 4,3 Miliar Meter Persegi


Mujahid 212 - Indonesia adalah negara dengan jumlah umat Islam terbesar di dunia. Besarnya jumlah umat Islam di Indonesia memberikan potensi yang besar pada sektor ekonomi syariah.

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), salah satu potensi yang dimiliki oleh Indonesia adalah luasnya tanah wakaf yang dimiliki. Jika ditotal, Indonesia memiliki 4,3 meter persegi tanah wakaf.

"Negara kita juga memiliki tanah wakaf, Indonesia memiliki tanah wakaf dengan total luas yang sangat besar sekali. Data yang saya dapatkan 4,3 miliar meter persegi, besar sekali," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Hanya saja, tanah wakaf ini belum dimanfaatkan secara optimal. Menurut Jokowi, tanah wakaf masih belum banyak dimanfaatkan pada sektor produktif.

"Mayoritas belum dimanfaatkan untuk kegiatan produktif, karena umumnya memang dijadikan untuk masjid ataupun pemakaman umum," ujarnya.

Selain tanah wakaf, dana wakaf juga menjadi potensi yang dapat dimanfaatkan oleh Indonesia. Saat ini, dana wakaf tunai yang terkumpul mencapai sekira Rp22 miliar. Dana wakaf ini pun perlu dimanfaatkan pada sektor produktif. Beberapa di antaranya adalah pengembangan UMKM hingga kegiatan ekonomi umat.

"Tentu saja wakaf tunai juga perlu didorong untuk lebih kita kembangkan lagi sehingga hasil-hasil yang diperoleh wakaf-wakaf tersebut bisa digunakan untuk kegiatan kegiatan produktif seperti pembangunan ekonomi umat, pemberdayaan UMKM, sehingga dapat dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat yang membutuhkan," tukas Jokowi. [] Okezone

close