NU yang Sering Menyendiri dari Barisan Umat Islam

NU Menyendiri

Saya, guru diniyah 1999, sejatinya senada dan menolak keras FDS. Saya bersama NU, tapi saya sedih.

Oleh: Rudi Wahyudi

Mujahid 212 - Salah satu ketua PWNU mengancam ulama akan turun ke jalan menolak permendikbud terkait FDS, bahkan konon.akan lebih besar dari 212 (Kompas).

Saya, guru diniyah 1999, sejatinya senada dan menolak keras FDS. Saya bersama NU, tapi saya sedih.

Dulu, kyai-kyai NU suka meledek-ledek kyai yang demo termasuk saat 212, kyai kok kerjaannya demo. Bisa cari di Youtube. Sekarang ketika kepentingan kelompok diganggu, NU ancam demo-demo juga. Saya gak yakin akan terwujud, sejak 1990 an ancam-ancam begini sering tapi gak pernah ada. Seringnya yang terwujud NU ribut dengan teman sendiri sesama ummat Islam, entah siapa yang mulai yang jelas dari zaman musholla Kyai Dahlan dirobohkan.

Secara politik, NU sering berjalan sendiri --- walau dari versi NU seringnya mengaku NU lah yang terzalimi. Wallahu a'lam, hanya yang kami tahu NU lah yang pertama keluar dari Masyumi, NU pula satu2nya yang tergabung dalam Nasakom saat semua elemen ummat Islam menolak bahkan sebagiannya terpenjara. Dalam kaitan asas tunggal, NU pula yang pertama menerima saat semua menolak. Dan yang terakhir, saat kami semua turun ke jalan menuntut penista agama, yang sering ngledek ya kawan-kawan kami sendiri dari NU, termasuk di group WA. Muslimat NU pun terang-benderang dukung Ahok, juga Anshor.

Saya kecewa dengan sikap politik NU sejak dahulu bukan hari ini saja. Alhamdulillah, waktu di aksi 212 kami merasa ternaungi ketika NU DKI bikin posko logistik. Bahkan saya mau menangis saat 411 bertemu kawan2 dari Sidogiri, satu2nya elemen NU yang saya temui di situ. Menangis seperti bertemu saudara lamaaaa sekali, "Kang, ke mana saja? "

Saya bersama NU dalam FDS, tapi ayolah kawan2 NU jangan memisahkan diri terus. Ndak enak juga kan, kemarin kita nyinyir2 sekarang giliran kepentigan sendiri demo juga. Kita ini keluarga bukan hanya saat kita butuh, tapi saat yang lain juga butuh kita. []

Sumber asli diambil dari postingan berikut ini: 

close