Dibekukan Rektorat Gegara Bela Kepentingan Umat Islam, Rohis El Fath Maju Terus dan Siapkan Advokat


Mujahid 212 - Setelah meminta klarifikasi kepada Sofyan Hadi selaku ketua kerohanian Islam Universitas Pamulang (Unpam) terkait pembekuan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) IMMAM dan Lembaga Kajian Ke-Islam-an Kontemporer (LK3) El-Fath Unpam. Roni Fadli selaku mantan ketua El-fath yang kini menjadi Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) El-fath tersebut menyatakan hendak bertemu dengan pihak rektorat kampus Unpam.
Menurut Roni, permintaan klarifikasi terhadap pembekuan organisasinya tersebut adalah upaya yang harus dilakukan. Ia mengungkapkan beberapa alasan terkait langkah langkah advokasi yang akan dilakukan oleh organisasinya tersebut. Ketika diwawancarai via pesan singkat (Selasa, 10/10).
Pertama, agar tidak terjadi kesimpang-siuran informasi terkait kabar telah dibekukannya kedua lembaga dakwah dan kajian Islam tersebut. Pasalnya, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah lembaga resmi yang tidak bisa hanya dengan sekedar pesan singkat bisa dibekukan. “Harusnya ada langkah diskusi terlebih dahulu dengan para pengurus UKM yang hendak dibekukan tersebut. Sementara, tidak ada surat pemberitahuan resmi kepada para pengurus kami (El-Fath), termasuk ajakan diskusi dari pihak rektorat” Ujar Roni.
Kedua, upaya permintaan klarifikasi dan diskusi tersebut untuk menepis dugaan adanya pembungkaman aktivitas dakwah dan suara kritis mahasiswa. pembekuan LDK yang tengah terjadi di beberapa kampus secara nasional termasuk yang terjadi di Unpam, jika dilakukan secara sepihak tanpa ada surat resmi ataupun ajakan diskusi terlebih dahulu adalah tindakan liar dan sewenang – wenang. “tentu kita tidak mau kampus sebagai civitas akademik yang menjunjung tinggi tridarma perguruan tinggi dicap sebagai institusi yang anti diskusi dan anti keberagaman.” Pungkas-nya.

Sumber: L11Analyze
close